Lahir Dan Berkembangnya Agama Dan Kebudayaan Islam





berkembangnya agama Islam


A.   Lahirnya  Agama dan Kebudayaan Islam 
    Agama Islam diperkenalkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang lahir di kota Mekkah pada 20 April 571.  

   Beliau mulai menyebarkan agama islam ketika berusia 40 tahun setelah menerima wahyunya yang pertama.
B.   Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam
1.     Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Jazirah Arab
Perlawanan dan pertentangan dari orang-orang Quraisy semakin meningkat memaksa Nabi Muhammad SAW dan sejumlah pengikutnya untuk hijrah ke Yasrib, yang kemudian dinamakan sebagai Madinah. 

Peristiwa hijrahnya NAbi Muhammad SAW ini terjadi pada tahun 622 M, lalu peristiwa hijrahnya Nabi ini diperingati sebagai awal tarikh Hijrah(hijriah).

Madinah merupakan titik tolak perkembangan Islam. Di kota itulah pertama kalinya terbentuk masyarakat Islam sebagai kekuatan politik. 

Nabi Muhammad SAW tidak hanya berkedudukan sebagai pemimpin agama tetapi juga sebagai pemimpin masyarakat.

a.     Khulafaur Rasyidin.
Setelah Nabi Muhammad Wafat pada tahun 632 M . yang bertanggung jawab menjaga keutuhan Islam, pengaturan masyarakat dan penyebaran Islam dilakukan oleh para Khalifah. 

Empat khalifah yang pertama disebut Khulafaur Rasyidin. Mereka adalah Abu bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Talib .

Dibawah pimpinan keempat Khalifah ini, masyarakat Muslim mulai memperluas pengaruhnya.
1)    Dibawah pimpinan Abu Bakar, pengaruh Islam menyebar ke seluruh Jazirah Arab dan mulai masuk ke Palestina
2)    Di bawah pimpinan Umar bin Khattab, pengaruh Islam menyebar ke Syiria,v Mezopotamia, Mesir dan mulai masuk ke Persia.. untuk menata wilayah yang semakin luas, umar telah menggunakan administrasi pemerintahan antara lain dengan membentuk propinsi-propinsi dan lembaga peradilan.
3)    Di bawah Usman bin Affan, pengaruh Islam menyebar keseluruh Persia,v Cyprus, Rhodes, Trnsoxiania dan Tabaristan. 

    Namun tak lama kemudian perluasan pengaruh perluasan Islam berhenti. Hal ini disebabkan karena banyak terjadi pemberontakan dan perang saudara dalam tubuh Islam.
4)    Khalifah berikutnya Ali bin Abi Talib, menghadapi pergolakan yang lebih rumit. Pemberontakan antara lain muncul dari keluarga Usman bin Affan dan gubernur Damsyik . 
    
    Upaya memadamkan pemberontakan ternyata tidak dapat berhasil dengan sempurna. Ummat Islam bahkan terpecah menjadi kaum Muawiyah, Syiah dan al-khawarij.

Berakhirnya kepemimpinan ali bin Abi Talib menandai akhir masa khulafaur Rasyidin. Pada tahun 661 M, kepemimpinan Islam beralih kepada kaum muawiyah atau yang lebih dikenal sebagai bani Ummayah.

b.     Bani Ummayah.
Peralihan kepemimpinan kepada Bani Ummayah membawa perubahan pusat dan corak pemerintahan. 

Pusat pemerintahan berpindah dari Madinah ke Damsyik (Damaskus), pemerintahan demokratis beralih menjadi pemerintahan monarki. 

Pemerintahan Bani Ummayah berlamgsung hampir seabad lamanya. Dalam waktu yang cukup singkat itu, Bani Ummayah mampu memperluas pengaruh Islam. Ke timur sampai Punjab, ke barat sampai ke Spanyol.

c.      Bani Abbasiah
Bani abbasiah didirikan oleh keturunan al-Abbas, paman Nabi Muhammad SAW , pemerintahan tetap bercorak monarki. Pusat pemerintahan berpindah dari Damsyik ke al-Hamsyiah, lalu ke Baghdad. 

Bani abbasiah berkuasa hampir selama 5 abad. Dalam waktu yang cukup lama itu, perluasan pengaruh dilanjutkan, namun tidak segencar Bani Ummayah. 

Bani ini bahkan mengadakan perjanjian damai dengan sejumlah kerajaan tetangga, seperti dengan kaisar konstantin V dari Byzantium.

Bani Abbasiah menaruh perhatian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan. 

Usaha yang dilakukan antara lain menerjemahkan buku-buku Yunani, Persia dan India ke dalam bahasa Arab. 

Kesungguhan usaha itu tampak dari dibangunnya pusat penerjemahan Bait al-Hikmah. 

Akibatnya, warisan ilmu pengetahuan dari ketiga bangsa itu berkembang di tengah masyarakat muslim, antara lain filsafat. matematika. astronomi dan kedokteran.

2.     Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Dunia
Islam termasuk agama terbesar di dunia. Dalam 20 tahun terakhir , jumlah umat Islam di dunia telah meningkat. 

Menurut data yang dihasilkan dari 232 negara dan kawasan, Indonesia adalah Negara muslim terbesar di dunia.

a.     OKI (Organisasi Konferensi Islam)
OKI berdiri pada Mei 1971 M. Organisasi ini merupakan wadah untuk menyatukan tekad negeri-negeri Islam. 

Adapun misi utama OKI adalah mengampanyekan solidaritas Islam dan kerja sama antara Negara Islam.

b.     Kaum Muslim di Benua Asia
1)    Republik Indonesia : Muslim di Indonesia mencapai 90%. Umat Islam Indonesia mayoritas beraliran Ahlusunah Waljamaah (Suni). 
2)    Pakistan : Pemeluk agama islam Pakistan mencapai 97%. Terdiri dari suni 77 % dan syiah 20%. 
3)    India : Kaum muslim di Negara India mencapai 12% dari jumlah penduduknya. Islam masuk ke India sejak abad pertama Hijriah. Kedatangannya melalui ekspedisi Khalifah Umar bin Khattab. 
4)    Bangladesh : Pemeluk Islam Bangladesh mencapai 83% dari total jumlah penduduk. Mayoritas muslim Bangladesh beraliran Suni dengan mazhab Hanafi. Jumlah selebihnya adalah Syiah Ismailiyah.
5)    Iran : Pemeluk Islam di Iran mayoritas beraliran Syiah, tetapi ada juga penganut Suni. Islam masuk ke Iran pada masa Khalifah Umar bin Khattab (637 M).
6)    Cina : Masuknya Islam di Cina semenjak zaman Khalifah Usman bin Affan.
7)    Thailand : Islam di Thailand berjumlah sekitar 10%.
8)    Yaman : Yaman merupakan salah satu wilayah tertua yang menyimpan berbagai sejarah perkembangan agama Islam. Beberapa kerajaan besar pernah berdiri seperti Himyar, Saba’, dan Habsyah.
9)    Hongkong : Di Hongkong terdapat 5 masjid dan pusat pengembangan Islam. Keberadaan komunitas Islam Hongkong dibawa oleh pemerintahan Inggris pada pertengahan abad ke-19. 

c.      Kaum Muslim di Benua Afrika
1)    Mesir : Islam yang ada di Mesir beraliran Suni. Islam masuk ke Mesir pada masa Khalifah Umar bin Khattab yang mengangkat Amr bin Ash sebagai gubernur. 
2)    Nigeria :  Jumlah kaum muslimin di Nigeria mencapai 50% dari total jumlah penduduk.
3)    Aljazair : Hampir semua penduduk Aljazair muslim. Pemeluk Islam di Aljazair beraliran Suni. Islam masuk ke Aljazair pada masa Bani Umayyah (682 M).

d.     Kaum Muslim di Benua Eropa
1)    Turki : Lebih dari 90% penduduk Turki beragama Islam. Islam masuk ke Turki sejak abad ke-1 Hijriah. 
2)  Jerman : Negara ini memiliki penduduk muslim terbesar kedua di Eropa. Masjid pertama yang didirikan adalah di Frangfurt dan Hamburg pada tahun 1950-an. Kedua masjid ini didirikan oleh gerakan Ahmadiyah.
3)  Inggris : Inggris menjadi negara Eropa yang memiliki penduduk muslim terbesar ketiga di Eropa. 

    Pada tahun 1980-an muncul organisasi The Council of Moques in UK and Eire (Dewan Masjid Inggris dan Irlandia). 

    Berdiri pula Council of Imams and Mosques (Dewan Imam dan Masjid).
4)    Eropa Tenggara : Komunitas muslim yang terbesar di Eropa Tenggara terdapat di Hongaria, Rumania, Yunani, Albania, Bulgaria, dan bekas Yugoslavia.
5)    Belanda : Islam di Belanda pertama kali dibawa oleh imigran asal Indonesia pada tahun 1945.
6)    Prancis : Jumlah penduduk muslim di Prancis mencapai 57 juta jiwa. Kaum muslim Prancis berasal dari Maroko, Aljazair, dan Tunisia. Sisanya berasal dari Afrika, Laut Hitam, dan Asia Tengah.

e.      Kaum Muslim di Benua Amerika
1)    Kanada : Pada pertengahan abad ke-19, imigrasi muslim ke Kanada dilakukan. Sebagian besar mereka berasal dari Suriah dan Asia Selatan. 
    
    Masjid yang pertama kali berdiri di Kanada adalah ar Rasyid di Edmonton, Alberta didirikan pada tahun 1931. Di negeri ini juga terdapat beberapa organisasi Islam. 
2)    Amerika Serikat : Kaum muslim AS terdiri dari para imigran, orang Amerika keturunan Afrika, penduduk keturunan Eropa yang masuk Islam, dan para pendatang sementara (mahasiswa, diplomat, dll).
3)    Argentina : Argentina adalah Negara yang penduduk muslimnya terbanyak dibanding Negara-negara di kawasan Amerika Latin. 
    
    Di Buenos Aires, ibu kota Argentina, telah berdiri sebuah masjid besar pada tahun 1989. 
4)    Peru : Di Peru terdapat organisasi yaitu Asociacion Islamica del Peru dan Musulmanes Peruanos of Naqshbandi Haqqani. 
   
   Organisasi dan lembaga ini membina kegiatan sosial keagamaan sekaligus menjalin hubungan dengan kalangan agama lain.
5)    Australia : Sekitar 36% dari jumlah penduduk muslim Australia di antaranya lahir di Australia. jumlah penduduk muslim Australia kebanyakan terdapat di sekitar Sydney dan Melbourne.


Dari Berbagai Sumber


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment