5 Kisah Sukses Pengusaha (Wirausaha) Indonesia



1.     Kisah  Sukses Pengusaha Dari Nol
Kali ini datang dari Abidin Hasibuan seorang atasan SN(Sat Nusapersada) asal Batam.  Saat ini, SN telah memiliki 10 pabrik dengan jumlah seluruh karyawan hingga 4 ribu orang dan ekspor produknya sampai ke 8 negara, omsetnya mencapai Rp 1,6 hingga 2 triliun. Semua berawal dari mimpinya saat kelas 3 SD, yaitu ia ingin mempunyai perusahaan  sendiri yang memiliki 4 lantai.

Abidin Hasibuan


Baca Juga :


Namun apa daya hingga usianya 30 tahun ia belum sanggup mencapai mimpinya itu. Apapun ia kerjakan demi tercapainya mimpi itu, jadi preman pun ia lakoni bahkan menjadi calo paspor. Yang terpenting baginya ialah jangan sampai memvonis diri sendiri.

Abidin Hasibuan menyebutkan 4 hal menjadi sukses, berikut ulasannya:
a.     Percaya Diri
Apapun yang kita lakukan, kita harus percaya dan yakin bahwa diri dapat melakukannya.

b.     Berkomitmen dan memiliki kepercayaan
Misal jika kita memegang dana Rp5 miliar, maka orang miliki kepercayaan pada kita Rp20 miliar. Berarti Jumlahnya menjadi Rp25 miliar, sehingga dengan kepercayaan itu kita miliki aset sebesar Rp 25 miliar.

Siapa sangka Abidin sebelum berada di SN ia pernah satu hari tak makan, dan kalau lapar hanya meminum air putih saja. Untuk itu kepercayaan sangatlah penting,  karena jika seseorang dibohongi satu kali maka esoknya ia tak akan percaya.

c.      Bekerja keras
Jadi orang haruslah bekerja keras jika inginkan  keberhasilan, dan citanya dapat terwujudkan. Abidin juga pernah alami masa rumit saat membesarkan Sat Nusa. Saat itu untuk membayar karyawannya yang berjumlah 5 orang ia meminjam uang dari pengusaha asal Batam.

d.     Menurut garis tangan dan keberuntungan
Ada yang mencoba untuk menjadi seorang pengusaha namun yang terjadi hanyalah hutang yang terus membelit dan bisnisnya tak kunjung berkembang.

Ia yakin bahwa kesuksesannya berkat nasibnya yang baik dan kerja keras yang ia lakukan dengan sungguh-sungguh. Menurutnya ”Jika perusahaaan belum masuk dalam daftar bursa,maka bisa di katakan perusahaan belum sukses,” kata Abidin.

Dalam memasukkan perusahaannya dalam daftar bursa, ia berusaha selama 6 bulan lamanya. Dia berpesan bahwa jika menjadi Pengusaha janganlah curang dan harus taat pajak. Biasanya ada yang membuat tiga pembukuan dalam perusahaan yang fungsinya untuk internal, perbankan, dan untuk perpajakan.

Itu membuat rusak perusahaan yang dijalani. Untuk itu jadilah pengusaha yang jujur agar menjadi pengusaha yang sukses seperti Abidin Hasibuan.
Dan jangan sampai terjerembab dalam menkonsumsi obat terlarang. Jalan usaha pasti terdapat kemunduran dan kemajuan.

Abidin Hasibuan adalah salah satu tokoh yang mengawali usahanya dari nol, bahkan itu datang dari mimpinya ketika ia masih di kelas 3 SD, dan ternyata mimpinya menjadi kenyataan. Tekatnya yang sangat kuat menjadikannya sesukses sekarang. Keadaan yang sulit bukan halangan untuk maju, namun hanya sebesar apakah kemauan dan usaha kita untuk merubahnya.


2.     Kisah Sukses Pengusaha Dari Berkebun Anggrek
Seorang petani anggrek dari Lembang yang bernama Rizal Djafarer. Rizal Djafarer lahir di Rengat, Kepulauan Riau pada tahun 1955. Beliau adalah lulusan Insitut Teknologi Bandung yang kemudian sukses menggeluti usaha kebun anggrek.
Rizal Djafarer

Anggrek adalah salah satu tanaman hias yang memiliki nilai jual yang tinggi karena keindahan dan keragamanya.. Harga anggrek saat ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Pohon anggrek tidak hanya dipasarkan didalam negeri saja akan tetapi juga sudah merambah pasar internasional di berbagai negara. Salah satu orang yang telah sukses menekuni usaha di bidang kebun anggrek yaitu Rizal Djaafarer.

Rizal Djafarer memulai usaha di bidang kebun anggrek ini atas dasar banyaknya permintaan pasar dan langkanya persediaan di alam bebas. Hal inilah yang memacu Rizal Djafarer untuk membudidayakan sendiri anggrek-anggreknya.

Di kawasan kebun anggreknya di daerah Lembang, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat itu, ditanam berbagai macam jenis anggrek yang telah diekspor ke berbagai negara.

Untuk dapat  mencapai lokasi di mana kebun anggrek Rizal Djafarer  berada, dari arah Jakarta dapat ditempuh melewati jalan tol dari arah Cipularang menuju arah Bandung. Kemudian dapat langsung diteruskan menuju ke arah Lembang.
Di areal kebun yang mencapai luas 2 hektar dan berada dalam satu kawasan dengan rumah Rizal Djafarer  inilah, anggrek-anggrek ditanam.

Berbagai macam jenis tanaman anggrek dapat ditemukan di sini, seperti anggrek jenis Dendrobium, Vanilla, Phalaenopsis atau atau yang biasa disebut anggrek Bulan, Miltona, Cathalia dan lain-lain. Rizal Djafarer telah menekuni usaha kebun anggrek ini sejak tahun 1985 sampai akhirnya mencapai kesuksesanya saat ini.

Rizal Djafarer yang lulusan Insitut Teknologi Bandung  ini pada awalnya bekerja sebagai arsitek. Akan tetapi kemudian dia beralih usaha menjadi seorang petani anggrek.

Setelah Beliau menekuni usaha kebun anggrek ini selama 21 tahun, Rizal Djafarer kini bisa memetik hasil dari jerih payahnya. Bunga anggrek miliknya tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja, akan tetapi juga sudah diekspor ke luar negeri.

Di rumah dan kebun bunganya ini, Rizal Djafarer tidak hanya memelihara anggrek saja tetapi juga mengembangbiakkan dengan cara persilangan antar jenis.

Setiap hari, Rizal Djafarer mengembangkan anggreknya dengan dibantu oleh 7 orang karyawan, Rizal membudidayakan anggreknya di dalam botol. Dari setiap satu botol ini,  akan dihasilkan kurang lebih 30 pohon anggrek. Melalui persilangan itulah Rizal Djafarer mencoba menemukan anggrek jenis baru.

Kini Rizal Djafarer juga aktif telah  mengembangkan pohon anggrek di beberapa daerah di luar pulau, seperti di Kalimantan, Sumatera Barat, Bali dan lain-lain.

Kepada siapa saja yang berminat untuk  menggeluti usaha di bidang kebun anggrek, Rizal Djafarer juga bersedia untuk membagi ilmunya, dan kebun anggreknya juga selalu terbuka untuk siapa saja  yang berminat belajar membudidayakan anggrek.


3.     Kisah Sukses Wirausaha Roti
Pria 45 tahun seorang lulusan pondok pesantren yang bernama Reza Malik yang berhasil menjalankan bisnis rotinya. Walaupun ukuran usahanya masih pada taraf  UKM  namun dalam satu hari usaha ini dapat menghabiskan tepung terigu hingga 150 bal.
Reza Malik

Riz-Qy, itulah sebutan produk roti nya. Ia memiliki sejumlah armada untuk memasarkan produknya serta mempunyai 3 toko yang dipegangnya. Diantaranya adalah 50 gerobak, 50 pedagang pikulan dan 14 mobil. Dari cara memasarkannya ini ia bertujuan untuk menjaring konsumen dari taraf  bawah hingga atas.

Roti yang memiliki kualitas bakery ia jual di ketiga tokonya sedangkan yang pikulan khusus untuk berkeliling daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan. Dan ia juga berencana mengembangkan usahanya menjadi waralaba.

Tahun 1982 ia mengawali bisnis rotinya, dengan modal Rp 10 juta.  Walau pada mulanya ia tak tahu apa-apa tentang roti namun setelah ia bergabung di baking school selama 2 minggu, dia mampu meningkatkan pengetahuannya untuk mengolah roti dengan baik.

Supaya dapat menuruti jenis selera para konsumen ia melakukan observasi secara rutin. Cara-cara yang ia gunakan untuk meningkatkan kualitas rotinya ialah dengan mengunjungi pemilik bakery ternama di kota Jakarta bahkan mendatangi karyawan untuk mengintip rahasia pembuatannya.

Reza tidak hanya memiliki satu bisnis saja namun dia juga mempunyai toko grosir “Haji Malik” di kawasan Jatinegara, dan juga sebagai seorang distributor, yang perbulannya  menghabiskan hingga 15 ribu bal tepung terigu. Tidak hanya itu ia memiliki sebuah perusahaan di bidang penyaluran tenaga kerja Indonesia ke luar negeri namun bisnis yang dia gemari hanyalah usaha roti.

Ia yakin baking school mampu membantu para calon pengusaha yang berjalan pada bidang tepung dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan mengolah dengan baik.

Kunci Sukses Reza Malik
a.     Mempelajari semua teknik membuat roti dengan serius.
b.     Observasi selera konsumen secara bertahap
c.      Menggunakan beragam cara dalam menjaring konsumen
d.     Senang dengan pekerjaannya
: 4.5
4.     Kisah Sukses Pengusaha Keripik Sukun
Seorang pengusaha keripik sukun yang berhasil meraup untung yang fantastic. Yaitu mencapai  Rp 50 juta tiap bulannya. Usaha ini di pegang oleh Hasnah seorang wanita asal Manggar, Belitung.

keripik sukun

Bisnis ini ia rintis mulai tahun 1996.  Jangan salah, walau cemilan ini bukan hal yang baru namun penganan ini sangat di gemari banyak orang.  Gurih, renyah dan rasa yang  tidak membosankan  itulah yang menjadi alasan mengapa cemilan ini membuat banyak  orang  menggemari cemilan ini.

Untuk itulah Hasnah mengembangkan bisnis ini, karena menurutnya walau tak banyak tapi pasokannya cukup stabil.  Ia berinovasi dalam pembuatan produk kripiknya ini, diantaranya kripik sukun jenis biasa, kripik sukun jenis lebar, dan stik.

Dalam perbedaan pembuatannya yaitu, jika kripik biasa dan  stik dari buah yang tua  sedangkan kripik sukun yang lebar terbuat dari buah yang masih muda.
“Bagian dalam buahnya dijadikan bahan pembuatan stik sedangkan bagian luar dijadikan bahan pembuatan kripik jenis biasa”, jelasnya.

Saat ini Hasnah dapat membuat 500 bungkus kripik perharinya. Merk produk nya ia beri nama Nuansa Baru dengan dipatok harga Rp 15.000-Rp20.000/bungkus.

Sayangnya ia hanya memasarkan produknya hanya sekitar daerah Bangka dan Belitung saja.. Karena  pasokan buahnya tergantung dengan musim dan tidak rutin. Itulah alasannya mengapa ia hanya mampu memasarkan di daerahnya tersebut. Jika masalah itu bisa teratasi maka Hasnah dapat merambah ke daerah yang lebih luas apalagi produknya ini dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya.

Begitulah kisah orang sukses yang ada di Indonesia yang berasal dari kota Belitung. Pengusaha kripik sukun yang mampu menghasilkan Rp 50 jutaan per bulannya.

Usaha cemilan yang biasa ini bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan  seperti Ibu Hasnah asal kota Belitung ini. Ia mengembangkan produknya dengan berbagai varian yang menarik agar konsumen tidak merasa bosan.


5.     Kisah Sukses Pengusaha Black Burger Indonesia
Profil pengusaha sukses kali ini yang lahir 23 tahun lalu , Rinanda Halfi atau biasa dipanggil Halfi. Ketika akan membuka usaha, Halfi mengalami pengalaman yang menarik.

Rinanda Halfi

Bermula dari kecelakaan mobil yang mengharuskan dia untuk mengganti uang yang dikumpulkan mahasiwa yang ketika kecelakaan itu diambil warga. Karena tidak tahu bagaimana mengganti uang tersebut, Halfi memutuskan untuk membuka usaha. 

Mulanya ia mencoba membuka bisnis kaos tapi malah merambah ke usaha makanan yang ia beri nama”BLACK BURGER” yang sekarang setiap bulannya meraup untung 60 juta.

McDonald’s dan Burger King adalah contoh dari pelaku asing pendiri usaha makanan siap saji Burger. Karena burger adalah salah satu makanan yang banyak diminati oleh masyarakat. Inilah alasan Halfi mengapa dia mendirikan Black Burger. Dia juga membuat perubahan pada burger yang dikelolanya agar siap bersaing dengan pelaku asing.

Namanya saja Black Burger, sudah pasti rotinya berwarna hitam. Warna hitam ini  berasal dari pewarna alami yaitu buah kluwek. Inilah yang menjadi pembeda dari burger-burger lain. Yang membedakan lagi adalah rasa daging yang diberi cabe rawit dan daun jeruk yang khas Indonesia.

Bisnis yang digeluti Halfi ketika  berada di semester 7 Fakultas Komunikasi Unpad  tepatnya pada tahun 2010 lalu . kini sudah memiliki 28  varian burger dengan 3 macam rasa : hot,manis,original dan memiliki 2 outlet . harga per potong  dari Black Burger itu sendiri dari Rp.12.000 hingga Rp.30.000 .

Halfi juga menambah varian burger dari tempe dan nasi untuk para pelanggan yang vegetarian. Ada 5 karyawan yang dipekerjakan Halfi di 2 outletnya di Bandung. Dulu dia juga membuka outlet didaerah bogor, tapi karena penjualan kurang baik akhirnya ditutup.  2 Outlet yang dimiliki oleh Halfi di daerah Bandung  menghasilkan keuntungan  hingga 20-60 juta perbulannya

Kesuksesan yang Halfi peroleh tidak lepas dari sebuah kendala. Ia pernah tertipu oleh rekan kerjanya sendiri. Baginya ini bukanlah masalah materi akan tetapi ini merupakan ide yang dicuri.

Pengalamn yang membuat Halfi sekarang lebih berhati-hati dalam memilih mitra kerja. Sebelum membentuk kerjasama ia mengadakan perjanjian terlebih dahulu. Harapan Halfi kedepan adalah ingin jadi competitor kuat di Burger King dan McDMimpi di Indonesia.

Begitulah kisah pegusaha sukses kali ini, yang mengisahkan tentang seorang pengusaha makanan siap saji yang sangat unik Black Burger. Inovasi dan Kreatifitas dapat membuat segala hal menjadi lebih menarik.

Semakin banyak inovasi yang di buat maka semakin baiklah kualitas produk di mata konsumen namun dalam bidang makanan rasa adalah hal yang harus diutamakan.



Sumber :
https://onlyformyhun.wordpress.com/2013/04/12/kisah-pengusaha-sukses-dari-nol/
http://pengusahadahsyat.com/print/kisah-sukses-pengusaha-anggrek-detail-19668
http://industri19trie.blogspot.co.id/2013/03/kisah-sukses-seorang-wirausaha-roti.html
http://kisahsukses.info/hasnah-seorang-pengusaha-keripik-sukun.html
https://cepiburhan.wordpress.com/2013/02/26/kisah-orang-sukses-di-indonesia-pengusaha-black-burger-indonesia/

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment