Ayo Umroh, Semua Orang Bisa Umroh



Sebagai seorang muslim pasti mempunyai keinginan untuk menginjakkan kakinya di Mekkah. Bukan saja karena hukum islam yang mewajibkan ummatnya untuk beribadah haji ke Mekkah, namun Mekkah menyimpan berbagai benda sejarah para nabi yang mampu menambah keimanan kepada Allah SWT.
Untuk sampai ke tanah Mekkah dengan menjadi jamaah haji rasanya sulit untuk diwujudkan segera, banyaknya antrian jamaah calon haji, bisa menunggu lima sampai sepuluh tahunan. 

Oleh karena itu alternatifnya dengan melakukan ibadah umroh. Lagi pula ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja. Sehingga kesempatan untuk melakukan ibadah umroh terbuka bagi siapa saja.
Ibadah umroh

Ketika ibadah umroh sudah diniatkan, maka permasalahan selanjutnya adalah mencari travel umroh. Dengan adanya travel umroh,  jamaah umroh tinggal berfokus dalam menjalankan ibadah saja, karena keperluan yang menyangkut pelaksanaan umroh seperti pengurusan visa umroh, tiket pesawat, hotel, makan, dan sebagainya sudah diurus oleh travel umroh, sehingga ibadah umroh dapat dilakukan dengan mudah.

Dalam mencari travel umroh tentunya harus hati-hati, mengingat beberapa kasus jamaah umroh yang ditipu oleh travel umrohnya. Untuk itu harus diperhatikan hal-hal berikut ini :
1.     Pastikan travel umroh yang dipilih terdaftar sebagai sebagai biro perjalanan umroh dan haji di Kementerian Agama Republik Indonesia.
2.     Paket umroh yang ditawarkan masuk akal. Jika paket umroh yang ditawarkan tidak masuk akal (murah sekali) maka lebih baik tidak menggunakan travel umroh tersebut
3.     Rekening yang digunakan adalah atas nama perusahaan. Hindari travel umroh yang menggunakan rekening atas nama perorangan.
4.     Gunakan travel umroh yang sudah berpengalaman dalam memberangkatkan jamaah umroh
5.     Agar perasaan lebih tenang lagi, carilah testimoni orang yang telah menggunakan travel umroh tersebut

Ketika travel umroh sudah didapat maka pastikan biaya yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan finansial. Umroh murah bukan tidak mungkin didapatkan, asal jeli dalam pemilihan waktu umroh.  Pilihlah paket umrah pada bulan Januari, Februari, Maret, April dan Mei. Biasanya pada bulan-bulan ini harganya lebih murah.

Agar ibadah umroh berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Perlulah kiranya memperhatikan tips umroh di bawah ini :
1.     Melengkapi diri dengan perlengkapan umroh sesuai dengan kententuan dan kebutuhan
Ibadah umroh juga memerlukan perlengkapan. Adapun perlengkapan umroh untuk laki-laki adalah sebagai berikut :
·        Kain Ihram 1 set (bawalah cadangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seprti terkena najis atau kotoran)
·        Sandal (model sandal bebas, tapi hindari model yang menutup mata kaki)
·        Sabuk Haji (bila tidak ada sabuk haji, dapat diganti dengan tas pinggang)
·        Baju untuk keperluan ke mesjid atau berziarah (disarankan berwarna putih/warna lembut)
·        Celana  (untuk bahan celana disesuaikan dengan cuaca ketika umroh)
·        Pakaian tidur (disesuaikan dengan keluarga atau tidak dalam satu kamar)
·        Sarung (bila dirasa perlu)
·        Pakaian dalam (disesuaikan berapa lama umroh yang diambil)
·        Jaket atau Sweater (bila umroh di musim dingin)
·        Baju atau Jaket Tipis (bila umroh di musim panas)
·        Perlengkapan mandi (sebagai antisipasi bila jumlah yang disediakan hotel mencukupi)
·        Obat-obatan (untuk sakit ringan seperti obat batuk, flu, obat sakit perut, atau diare, balsem, minyak kayu putih, koyo dan lain-lain)
·         Masker Mulut dan Hidung (untuk menghindari debu atau bila terkena flu agar tidak menulari jamaah lainnya.
  
Perlengkapanumroh untuk wanita tidak banyak berbeda dengan perlengkapan umroh laki-laki, tinggal menyesuaikan sesuai kebutuhannya saja. Sebelum perlengkapan umroh dilengkapi, carilah informasi perlengkapan yang disediakan oleh pihak travel umroh  terlebih dahulu agar tidak terjadi tumpang tindih, yang akhirnya merepotkan diri sendiri.

2.     Menyiapkan diri secara lahiriah maupun batin, agar kekhusyukan ibadah umroh dapat diraih 
a.     Persiapan umroh secara lahiriah, dapat melakukan hal-hal berikut :Setiap pagi membiasakan diri dengan lari-lari kecil, jalan kaki, serta olahraga lainnya yang berdampak terhadap kebugaran badan
b.     Persiapan umroh secara batin, dapat melakukan hal-hal berikut : menambah pengetahuan tentang hukum-hukum yang berkenaan dengan ibadah umroh, meluruskan niat, dan bertaubat

3.     Menghindari hal-hal yang dilarang agar ibadah umroh tidak sia-sia

#LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah  #SemuaBisaUmroh

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment